Penangkapan Villar Dan Anaknya

UEFA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya “mengetahui laporan mengenai Tuan Villar Llona. Kami tidak memiliki komentar untuk membuat saat ini. “Dewan Tinggi Olahraga mengatakan bahwa pihaknya akan” menggunakan segala sesuatunya untuk memastikan bahwa kompetisi tidak terpengaruh “oleh penangkapan tersebut.

Sebagai mantan pemain profesional, Villar yang berusia 67 tahun telah menjadi kepala federasi sepak bola Spanyol sejak tahun 1988, yang mengawasi kemenangan tim nasional di Piala Dunia 2010 dan Kejuaraan Eropa 2008 dan 2012.

Villar memenangkan masa jabatan kedelapan sebagai presiden pada bulan Mei, ketika dia berlari tanpa lawan setelah kandidat saingannya, Jorge Perez, menarik diri dari perlombaan untuk memprotes apa yang dia sebut penyimpangan dalam pemilihan majelis umum federasi.

Villar juga telah menjadi jantung politik FIFA dan UEFA sejak 1990-an, dan telah bekerja sama dengan beberapa pemimpin sepakbola internasional yang sejak saat itu didakwa oleh Departemen Kehakiman A.S.

Anak laki-lakinya, Gorka, bekerja dalam beberapa tahun terakhir untuk tubuh AS CONMEBOL sebagai direktur hukum dan kemudian sebagai direktur umum CEO-direktur untuk tiga presiden yang terlibat dalam penyelidikan federal Amerika. Gorka Villar meninggalkan CONMEBOL pada bulan Juli 2016.

Angel Maria Villar adalah gelandang tangguh untuk Athletic Bilbao dan Spanyol sebelum pensiun untuk bekerja sebagai pengacara dan administrator sepak bola. Dia terpilih menjadi anggota komite eksekutif UEFA 25 tahun yang lalu, dan ke komite FIFA 19 tahun yang lalu. Dia juga telah menjadi tokoh berpengaruh dalam komite hukum dan wasit kedua organisasi tersebut.

Dalam kontes penawaran Piala Dunia 2018 dan 2022, Angel Maria Villar memimpin tawaran Spanyol-Portugal yang komite penyelidikan FIFA Judi Poker Online secara singkat diselidiki pada tahun 2010 karena diduga mengatur sebuah pakta pemungutan suara yang melibatkan pemilih Amerika Selatan untuk mendukung perdagangan dengan tawaran Qatar. Rusia memenangkan kontes 2018.

Perilaku Villar dalam penyelidikan tawaran yang lebih luas kemudian dipilih dalam sebuah laporan oleh jaksa agung FIFA FIFA Michael Garcia.

“Dia (Villar) tidak mau membahas fakta dan keadaan kasus tersebut,” Garcia menulis dalam laporan tahun 2014 yang terbit bulan lalu. “Lagipula, nada dan tingkahnya sangat mengganggu, karena rekaman audio dari wawancara itu … menjadi jelas.”

Semakin terlihat sebagai sosok polarisasi dengan ambisi kepemimpinan, Villar memutuskan untuk tidak mencoba menggantikan Michel Platini sebagai presiden UEFA tahun lalu.

Sebelum bergabung dengan CONMEBOL, Gorka Villar adalah seorang pengacara olahraga terkemuka di Madrid. Dia membantu mewakili pengendara sepeda Alberto Contador dalam banding yang gagal di Pengadilan Arbitrase Olahraga melawan kehilangan gelar Tour de France 2010 setelah tes doping positif.

Penangkapan tersebut merupakan langkah terakhir yang diambil oleh Spanyol untuk menindak kesalahan keuangan dalam sepak bola.

Tahun lalu, pemain depan Barcelona Lionel Messi dan ayahnya dinyatakan bersalah melakukan penipuan pajak, dan dalam beberapa pekan terakhir jaksa telah membuka penyelidikan penipuan pajak ke beberapa pihak lainnya, termasuk pemain depan Real Madrid Cristiano Ronaldo dan mantan pelatih Madrid Jose Mourinho. Baik Ronaldo maupun Mourinho membantah menipu pajak mereka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *